Kamis, 26 November 2009

Bawang Putih_Si Baik Hati yg Banyak Gunanya

Bawang putih, memang seperti karakter-nya di dongeng Bawang Merah Bawang Putih. Karena bumbu dapur yang satu ini memiliki banyak sekali khasiat untuk tubuh kita. Yang paling umum, bawang putih bisa berkhasiat sebagai Anti Oksidan dan Anti Kanker. Karena Bawang putih ini memiliki zat yang bisa berfungsi sebagai detoksifikasi racun-racun berbahaya di dalam tubuh dan mencegah penyakit kanker.

Papa-ku sendiri tiap hari rajin mengkonsumsi bawang putih untuk memperlancar BAB-nya. Kadang heran juga sih, kenapa ya Papa-ku rela menelan or mengunyah bawang putih mentah?. Padahal… HUEKSS!!! Bau nya itu loh…mana tahan… Usut punya usut, ternyata si Bawang Putih ini memang banyak banget kegunaannya.

Salah satu manfaat bawang putih yang udah pernah aku alami adalah untuk mengempeskan Bintitan (Bengkak atau benjolan di kelopak mata). Ceritanya, waktu itu aku tidur dengan menempelkan muka ku di tembok (bener2 kurang kerjaan..). Pagi-paginya, kudapati mata aku udah bengkak. Ada benjolan seperti bisul kecil di mata. Ketika aku pegang, terasa sakit. Setelah ku selidiki sumber malapetaka bintitan ini, ternyata malam sebelumnya keponakan2 ku yang bandel tapi lucu membuang bekas coklatnya ke bawah tempat tidur aku. Alhasil, mataku mungkin digigit semut, sampai akhirnya aku jadi bintitan. Wah, malu banget deh rasanya waktu ke kampus dengan mata bengkak, apalagi rasa sakitnya kalau aku kedipin mata. Tapi untungnya seorang teman menyarankan aku untuk mengoleskan bawang putih ke bengkak di mata ku. Dan malamnya, langsung aku praktekkin.

Aku ambil satu suing bawang putih. Ku iris/belah 2 bentuk serong. Lalu aku oleskan bagian yang baru diiris (yg masih ada getahnya) ke bagian yang bengkak. Pertama di oles, rasanya sakit banget, pedih, perih, dan panas. Mungkin getah bawang putihnya langsung bereaksi terhadap racun di bagian yang bengkak itu. Makanya kalau mau mempraktekkan, harus stand by di depan Kipas Angin. Sesudahnya aku oleskan lagi, dan kembali aku kipas di depan desk fan. Dan terus aku ulangi sampai 6 kali olesan (sebenarnya boleh dioles 2-3 kali saja, tapi karena aku nggak sabar pengen cepat sembuh, aku oles sampai 6 kali). Setelah itu aku bawa tidur. Keesokan harinya, Alhamdulilah bengkaknya berkurang dan sudah nggak terasa sakit lagi kalau dipegang. Dan pada malam harinya, aku ulangi lagi ritual pengolesan bawang putih. Dalam 2 hari bengkak di mata ku benar2 sembuh total dan tidak meninggalkan bekas. Thanks Bawang Putih, Thanks juga kepada Allah SWT yang telah menciptakan Bawang Putih….

Selain untuk mengempiskan bengkak di mata atau bintitan, Bawang putih juga bisa di pakai untuk mengempiskan bengkak di bagian tubuh yang lain akibat gigitan serangga seperti semut, lebah/Tawon, dll. Caranya? Ya tinggal di oleskan saja dengan getahnya. Gampang, Murah meriah, Tanpa Efek Samping, dan Berkhasiat.

2 komentar: