Rabu, 25 November 2009

Khasiat Madu

Madu selain berguna untuk kesehatan ternyata dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dikulit. Bila jari anda atau bagian kulit lain terluka karena pisau atau tersayat, jangan khawatir. Basuh luka dengan air dan sabun sampai bersih, kemudian oleskan madu pada bagian yang tersayat, lantas balut dengan perban. Jangan lupa, oleskan madu kembali setelah beberapa lama. Kemudian tutup kembali dengan perban yang bersih dan biarkan beberapa hari.

Bila kasusnya luka bakar, siramkan kulit yang terbakar dengan air dingin, oleskan madu pada bagian yang terbakar, kemudian tutup dengan perban. Bila perlu, olesi lagi luka baker tersebut dan tutup dengan perban bersih. Mengolesi madu pada luka sangat berguna karena madu mengandung hydrogen peroxide dan antioksidan yang berfungsi untuk membatasi pertumbuhan bakteri. Namun dengan catatan, sebaiknya tidak diterapkan pada penderita diabetes mellitus, karena kemungkinan bisa menimbulkan efek samping yakni meningkatkan kadar gula dalam darah penderita.

Manfaat madu yang paling popular adalah untuk menghaluskan kulit. Caranya gunakan sebagai masker. Anda bisa mengolesi madu murni (harus yang murni dan belum ditambahkan gula) pada wajah anda setiap malam selama 15-30 menit, setelah itu bilas dengan air. Dapat juga anda tambahkan susu bubuk dan air hangat untuk membuat kulit anda semakin bernutrisi. Jika anda rutin, anda akan mendapatkan wajah anda menjadi halus dan lembut tanpa perlu menghabiskan uang untuk pergi ke klinik kecantikan atau membeli produk-poduk kosmetik yang harganya selangit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar